Laman

Minggu, 06 Juni 2010

BAB I PENDAHULUAN


1.1. LATAR BELAKANG

Pembangunan Kesehatan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang, agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal.

Untuk mewujudkan derajat kesehatan bagi masyarakat diselenggarakan upaya kesehatan dengan pendekatan pemeliharaan, peningkatan kesehatan (promotif) pencegahan (preventif) penyembuhan (kuratif) dan pemulihan (rehabilatif) yang dilaksanakan secara menyeluruh dan berkesinambungan.

Sebagai pengelola Puskesmas, pimpinan beserta staf menerapkan prinsip-prinsip manajemen, sehingga upaya – upaya kesehatan yang dilaksanakan dapat mencapai sasaran, dan target-target yang telah ditetapkan.

1.2. TUJUAN
1.2.1 Tujuan Umum
Meningkatkan kemampuan menejemen di Puskesmas Seputih Raman dalam menyusun perencanaan kegiatan tahunan berdasarkan fungsi dan azas penyelenggaraan

1.2.2 Tujuan Khusus
Tersusunnya Rencana Usulan Kegiatan Puskesmas untuk tahun berikutnya dalam upaya mengatasi masalah atau sebagian masalah kesehatan
Tersusunnya Rencana Pelaksanaan Kegiatan setelah diterimanya alokasi sumber daya untuk kegiatan tahun berjalan dari berbagai sumber.

1.3. LINGKUP PEMBAHASAN
Perencanaan Tingkat Puskesmas mencakup semua kegiatan yang termasuk dalam Upaya Kesehatan Wajib, Upaya Kesehatan Pengembangan dan Upaya Kesehatan Penunjang. Perencanaan ini disusun oleh Puskesmas sebagai Rencana Tahunan Puskesmas yang dibiayai oleh Pemerintah Daerah, Pusat serta sumber dana lain.

Perencanaan Tingkat Puskesmas disusun melalui 4 tahap, yaitu:
1.     Tahap persiapan (Pembentukan team kerja PTP dan Pengumpulan data tahun 2007, 2008, 2009)
2.     Tahap Analisa Situasi, identifikasi dan penyelesaian masalah
3.     Tahap penyusunan Rencana Usulan Kegiatan (POA)
4.     Tahap penyusunan Rencana Pelaksanaan Kegiatan (Jadwal).

1.4. KERANGKA ALUR FIKIR
Puskesmas sebagai upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif masih belum optimal. Sarana dan prasarana masih kurang, SDM kurang, kondisi geografis dan sosial masyarakat merupakan kendala yang sering dihadapi oleh Puskesmas.

Upaya yang akan dilakukan untuk memecahkan masalah tersebut adalah meningkatkan SDM dan motivasi kerja staf, peran serta masyarakat dan membina hubungan lintas sektoral yang baik.

1.5. TEKNIK PENGUMPULAN DATA DAN INFORMASI
Dalam penyusunan PTP ini, Tim PTP bekerjasama  dengan seluruh staf, data dan informasi didapatkan dari hasil kegiatan selama tiga tahun (tahun 2007, 2008, 2009) dari Kecamatan dan Dinas Instansi terkait. Hasil kegiatan baik kegiatan didalam dan diluar gedung di catat dalam register – register ataupun kartu – kartu pasien. Dari pencatatan ini direkapitulasi ke dalam stratifikasi. Dari data – data tersebut diolah dan dianalisa, ditentukan permasalahannya, ditentukan prioritasnya, lalu ditentukan penyebab dan alternatif pemecahannya.

1.6. MANFAAT
1.   Perencanaan dapat memberikan petunjuk untuk menyelenggarakan upaya kesehatan secara efektif dan efisien demi mencapai tujuan yang telah ditetapkan
2.   Perencanaan memudahkan pengawasan dan pertanggungjawaban.
3.   Perencanaan dapat mempertimbangkan hambatan, dukungan dan potensi yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar